Rab. Agu 21st, 2019
gunung kerinci

gunung kerinci

Gunung Kerinci Erupsi, Abu Setinggi 800 Meter

Bola206 – Gunung kerinci sedang terjadi erupsi, menurut Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi kementerian ESDM Kasbani, status Kerinci masih di level II atau waspada. Namun, kata Kasbani, otoritasnya tetap menerbitkan rekomendasi.

“Masayarakat di sekitar Gunung Api Kerinci dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunung api di dalam radius 3 Kilometer dari kawah aktif. Artinya masyarakat dilarang beraktivitas di dlama radius bahaya atau KRB III,” ujar Kasbani.

Rekomendasi lainnya, yaitu soal jalur penerbangan. Dia menyarankan jalur penerbangan di sekitar Kerinci dihindari. Alasannya karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Sementara itu, pihak PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM telah menerbitkan peringatan keselamatan penerbangan pada hari ini ditandai dengan warna oranye.

Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera, gunung berapi tertinggi di Indonesia dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua.

BACA JUGA : Misteri Penampakan Harimau di Desa Tongging Karo

Gunung yang terletak dekat pantai barat dan terletak sekitar 130 Kilometer sebelah selatan Padang Provinsi Sumatera Barat itu berjenis stratovolcano. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2009.

Daerah ini tertutupi oleh batuan piroklastika jatuhan.
Di daerah ini juga mnegalir berbagai sungai, antara lain Sungai Sangir, Sungai Air Putih, Sungai Aro, Sungai Padi, Sungai Panjang, Sungai Timbulun, Belandir, Sungai Kering, Sungai Kersik, Sungai kersik Tuo, Sungai Keras Kanan, Sungai Siluak Deras Kiri, Sungai Lembar, dan Sungai Siluak Deras Kiri.

Berikut ini fakta-fakta seputar Gunung Kerinci yang dirangkum dari berbagai sumber

Berikut ini fakta-fakta seputar Gunung Kerinci yang dirangkum dari berbagai sumber

1 . Gunung Kerinci Tertinggi di Sumatera

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tipe stratovolcano yang masih aktif dan terletak di Provinsi Jambi di area Pegunungan Bukit Barisan. Puncak Kerinci berada di ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Ini menjadikannya gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Indonesia.

2 . Bukan Letusan Pertama di Tahun 2019

Gunung Kerinci sebelumnya sempat meletus pada 2009 dan 2013. Letusan yang terjadi pada hari ini juga bukan pertama kalinya terjadi selama 2019. Dari awal tahun, tercatat Kerinci telah bererupsi pada Januari, Maret, Mei, dan Juli.

3 . Jalur Pendakian Kersik Tuo

Gunung Kerinci bisa dicapai dengan jalur darat melalui Kota Jambi, Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu.

BACA JUGA : Jahe Merah Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan manusia

Untuk mencapai puncak gunung ini, pendaki bisa menggunakan jalur pendakian Kersik Tuo. Durasi untuk mendaki dan menuruni puncak Gunung Kerinci sekitar dua hari.

Bola206 merupakan situs taruhan bola online aman dan terpercaya sejak tahun 2006.
Segera daftarkan diri Anda di Bola206 dan dapatkan bonus menarik setiap Minggunya.
AGEN SBOBET | AGEN SABUNG AYAM S128

Whatsapp Messenger: 0818-0990-5850
Line Messenger: agenbola206

Kunjungi Media Sosial Kami
Youtube
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *